Shujaaz, Komik Gratis Mengubah Nasib Generasi Muda Afrika

Daftar Isi [Tampilkan]
Shujaaz, Komik Gratis Mengubah Nasib Generasi Muda Afrika

Nairobi -Kenya punya Shujaaz, sebuah komik gratisan yang ajak pembacanya gunakan logika sehat buat atasi problem sehari-hari. Kini followernya mencapai jutaan orang dan menggerakkan seluruh generasi muda untuk berani mengubah nasib.

Kibera - daerah kumuh terbesar di ibukota Kenya, Nairobi. Beberapa tahun terakhir, warga lokal mencar ilmu hal penting dalam hidup dari sumber yang tidak diduga: sebuah komik gratis. Komik ini membahas tema yang relevan dan kehidupan sehari-hari. Misalnya pengangguran yang terus meluas. Atau kehamilan tak diinginkan di kalangan cukup umur perempuan.

Derrick Were seorang wiraswastawan menjelaskan: "Ini wacana pemerintahan dan tugas remaja. Tentang reproduksi seksual--bukan hanya korelasi seksual tapi reproduksi secara keseluruhan. Juga tema bagaimana jadi pengusaha muda, peran jadi pengusaha yang benar-benar menangani duduk kasus yang paling sering dihadapi kaum muda dikala ini."

"Shujaaz" artinya satria dalam bahasa gaul Sheng - adonan bahasa Swahili dan Inggris yang dipakai jutaan kaum muda Kenya. Kreatornya ingin menghibur sekaligus memberi informasi. Sasaran mereka, mendidik dengan memberi saran dan model tugas positif.

"Saya warga yang tak mau tahu, yang tidak peduli mengenai kehidupan. Ketika mengenal komik ini, saya memutuskan untuk berubah. Karena saya tertantang. Jika kaum muda lain bisa, mengapa saya tidak!", begitu tegas Lucy Nyambura, seorang cukup umur warga Kibera.

Fokusnya keterlibatan warga

Menempatkan fokus utamanya pada keterlibatan warga. Team Shujaaz meminta pembaca untuk mengusulkan topik buat dongeng mereka. Karakter dalam Komik juga tampil kencang di media sosial.

"Dalam usia ini, saya pikir semua kaum muda di Kenya, merasa tampil di sosial media itu amat penting. Mereka ingin melek informasi dan memahami apa yang lagi ngetren. Mereka ingin merasa jadi bab kelompok. Dan di situlah Shujaaz tampil - untuk membuat kemitraan dengan teman-teman mereka. Dan meyakinkan bahwa apa yang terjadi di media offline, pada alhasil itulah sesuatu yang terjadi di media online", papar Farida Nzilani, anggota tim sosial media "Shujaaz".

Pembaca juga dapat mengontak tim redaksi via pesan teks. Inilah bentuk komunikasi paling terkenal di Kenya. Bagi yang tidak punya kanal internet, ada opsi lain, mendengarkan siaran radio yang dipancarkan lebih 20 stasiun penyiaran.

Tokoh di belakang Shujaaz - dan platform Multimedia "Well Told Story" yaitu Rob Bernet, warga Inggris yang bermukim di Kenya semenjak lebih 20 tahun. Gagasan proyeknya muncul tahun 2007 sebagai respons pasca pemilu presiden paling rusuh di Kaenya. Bernet menyasar generasi muda, yang merasa dimanipulasi oleh politisi dan tidak dilirik oleh media mainstream. Ia ingin membantu kaum muda meningkatkan prospek hidup mereka.

"Ada riset serius dalam skala besar yang dibentuk institusi akedemik kenamaan di Amerika. Ini riset terpercaya, yang menyampaikan wanita muda berusia 19 tahun ke bawah, yang jadi follower SHUJAZZ, tiga kali lebih jarang menikah di usia 19, dibanding wanita muda yang tidak mengikuti kami. Tidak menikah di usia 19 mungkin berarti masih sekolah atau menjalankan bisnis. Artinya mencetak uang, hidup terus berkembang dan artinya belum punya anak. Ada banyak hal aktual dari tidak menikah dini", ujar pendiri Shujaaz, Rob Bernet.

Followers terus bertambah

Sekarang cakupannya mencapai sekitar enam juta orang. Termasuk follower yang terus bertambah di negara tetangga Tanzania. Sasaran jangka panjangnya yaitu meningkatkan kehadiran online di seluruh benua Afrika.

"Apa lagi yang dapat dilakukan Internet , untuk membuat energi dan peluang bagi jutaan follower. kami punya beberapa gagasan, dan berkembang cepat. Apakah kami dapat memanfaatkan dampak Shujaaz dan memasoknya dengan lebih besar, lebih cepat, lebih baik dan lebih murah di internet? Inilah yang sedang kami kerjakan ujar Rob Bernet lebih lanjut.

Kini juga semakin banyak warga Kibera terhubung ke internet. Tapi dikala ini komik gaya klasik masih terus memberi wangsit pada warga untuk membagi kisah mereka dan merangsang ide-ide baru.

as/vlz (DW Inovator)





Sumber detik.com
Admin 3i-Networks adalah suatu sistem pemasaran asuransi jiwa melalui jaringan keagenan 3i-Networks yang mengajak Nasabah selain mendapat perlindungan (proteksi) dan Investasi, juga penghasilan sebagai agen asuransi jiwa (mengikuti peraturan keagenan yang berlaku dan agen wajib berlisensi dari AAJI) atau sebagai pemberi referensi calon nasabah potensial. Manfaat Asuransi Nilai Investasi di akhir pertanggungan apabila Tertanggung tetap hidup dan polis masih berlaku; atau Nilai Investasi, apabila Polis putus kontrak dalam masa pertanggungan; atau Uang Pertanggungan ditambah Nilai Investasi apabila Tertanggung meninggal dunia. Selanjutnya pertanggungan berakhir. Ketentuan Ringkasan Produk Jenis Investasi CARLink Pro Mixed Usia Masuk Pemegang Polis Usia 17 Tahun sampai 75 Tahun Usia Masuk Tertanggung : Usia 1 sampai 59 Tahun Masa Pertanggungan Sampai dengan usia 75 Tahun Masa Pembayaran Premi 5 Tahun (60 Bulan) Termin Pembauaran Premi Bulanan Selengkapnya silahkan Hubungi Orang Yang Mengundang Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel